PT TIGARESI BANGUN NUSAPERDANA

Enterprise Engineering Solutions

LATAR BELAKANG

 

Didirikan pada tahun 2001, PT. Tigaresi Bangun Nusaperdana (TBN) bergerak di bidang layanan teknologi elektronik dan pemrograman real-time. Teknologi yang dikembangkan berbasis pada aplikasi embedded system. Embedded system merupakan sistem komputer yang dirancang khusus untuk tujuan tertentu demi meningkatkan fungsi suatu mesin. Sesuai artinya, “embedded” yang berarti “mencocokkan”, maka bagian yang dicocokan meliputi peranti keras dan bagian mekanis lain. Hal ini berlawanan dengan sistem umum seperti yang kita kenal pada Personal Computer (PC) yang bisa menjalankan banyak perintah sekaligus tergantung pada pemrogramannya.

Embedded system ini didedikasikan untuk perintah spesifik, seperti rancangan desain untuk mengoptimasi mesin, pengurangan ukuran dan biaya produk, atau meningkatkan performa kerja. Sesungguhnya banyak produk massal yang merupakan hasil dari embedded system. Sebut saja MP3 Player, hingga peranti instalasi skala besar seperti lampu lalu lintas. Bahkan juga sistem pengontrol pembangkit listrik nuklir.

Dengan mengutamakan semboyan “Teknologi Merah Putih” PT.Tigaresi Bangun Nusaperdana mengupayakan solusi-solusi yang tepat guna, ekonomis, dan support yang berkelanjutan.

 

SEJARAH PERUSAHAAN

 

Diawali dari sekadar mengikuti projek yang ada di laboratorium tempat tugas akhir dulu. Proyeknya dari Pertamina Unit Pengolahan (UP) IV Cilacap. Kebetulan proyek ini bidangnya sesuai dengan bidang keahlian di laboratorium tersebut, yaitu instrumentasi. Lalu berlanjut terus, sambil mereka belajar. Sebelum bernama TBN, Andreas Raymon Mudrig dan rekannya Cortexa Muria  menemukan bahwa pada bidang instrumentasi tersebut ada celah yang bisa dimasuki pemain local, dimana biasanya bidang instrumentasi sudah dikuasai oleh vendor-vendor dari luar negeri. Celah tersebut adalah bidang embedded system, yaitu pemrograman pada alat-alat instrumentasi tetapi bukan pada level komputer. Karena pada level komputer, biasanya sudah dikuasai oleh bidang TI yang biasanya diisi oleh orang jurusan informatik.

Setelah proyek dari UP IV Cilacap tersebut selesai, dosen-dosen merasa perlu untuk membentuk badan usaha di luar laboratorium. Karena waktu itu  sekitar tahun 2001 situasi Institut Teknologi Bandung (ITB) belum kondusif untuk urusan proyek. Birokrasi lewat jalur resmi sudah ada, tetapi mungkin juga diperlukan alternatif yaitu bendera sendiri berupa Perusahaan Terbatas (PT). Maka itulah lahir PT. TBN.

Sejak itulah TBN mendapatkan sejumlah klien yang cukup bergengsi, mulai dari perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Stock Exchange hingga salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang minyak dan gas, serta transportasi.

 

Come Visit Us

Jl. Sidomukti No.56, Sukaluyu, Kec. Cibeunying Kaler,
Kota Bandung, Jawa Barat 40123

Get Direction
Open Hours

Monday- Friday: 9 AM - 5 PM

Saturday - Sunday: Closed :)