TelemeteringTelemetri dari asal katanya 'tele' yang berarti jauh dan 'metre' yang berarti ukuran. Secara harafiah telemetri bisa di artikan sebagai pengukuran jarak jauh.

Ada dua faktor penting yang harus dipenuhi yaitu:

  • Pengukuran dan Kendali atas sebuah proses. Proses bisa berupa naik-turunnya level air di bendungan, atau data pengolahan GPS yang di bawa oleh sebuah mobil, atau hasil transaksi yang dilakukan di gardu Toll, dan lain sebagainya.
  • Transmisi data jarak jauh yang memungkinkan data hasil pengukuran dapat diakses dari lokasi yang jauh dari proses pengukuran yang terjadi.

Dengan demikian bidang telemetri mencakup hal-hal yang berkenaan dengan sistem kendali dan pengukuran yang melakukan pertukaran data melalui media komunikasi jarak jauh.

Alternatif media komunikasi tidak dibatasi jenisnya baik itu yang bersifat kabel (jika iya berarti panjaaang sekali), wireless, satelit, GSM, dan sebagainya. Namun karena konteks telemetri biasanya di asosiasikan dengan remote lokasi maka umumnya media komunikasi yang digunakan pasti bersifat Wireless.

You are here: Home FAQ Apa itu Telemetri?